Pembukaan Pelatihan Calon Instruktur Nasional Program Guru Pembelajar Jenjang SD dan SMK

Selasa, 21 Juni 2016

Program guru pembelajar adalah program peningkatan kompetensi bagi guru yang melibatkan partisipasi publik meliputi pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, orang tua siswa, serta dunia usaha dan dunia industri, dalam bentuk kegiatan pelatihan, kegiatan kolektif guru, dan kegiatan lain yang mendukung. Program pelatihan sebagaimana yang dimaksud dilaksanakan menggunakan 3 moda pembelajaran yakni, tatap muka, pembelajaran dalam jaringan (daring), dan pembelajaran perpaduan antara tatap muka dengan pembelajaran dalam jaringan (daring kombinasi). Untuk terlaksananya 3 moda pembelajaran tersebut diperlukan peran narasumber, instruktur nasional serta mentor sebagai fasilitator kegiatan pembelajaran.

Oleh karena itu dilakasanakanlah kegiatan pelatihan instruktur nasional (IN) / Mentor oleh LPPPTK KPTK sebagai UPT Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan harapan kegiatan yang dilaksanakan mulai hari ini [Selasa, 21 Juni 2016] hingga 10 hari kedepan dapat mewujudkan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu untuk mencetak IN Program Guru Pembelajar sesuai dengan jenjang atau bidang keahlian yang menjadi tanggung jawab LPPPTK KPTK. Pada angkatan ke-2 ini LPPPTK KPTK mengadakan pelatihan dibeberapa tempat pelatihan kompetensi (TPK) yaitu untuk jenjang SD kelas atas dan kelas bawah dilaksanakan di TPK LPMP Sulawesi Selatan, BP PAUD dan Dikmas Makassar, Hotel Pondok Madinah Makassar, Hotel Berkah Kab. Mamuju. Sedangkan untuk bidang keahlian Teknologi Informasi LPPPTK mengadakan pelatihan angkatan ke-2 untuk calon IN program guru pembelajar di TPK PPPPTK BMTI Bandung, Jawa Barat dan PPPPTK PKN IPS Batu, Malang. 

Lebih jauh lagi, kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman materi pelatihan berupa konsep, strategi penggunaan modul, dan strategi pelaksanaan pelatihan, dimana topik pokok yang akan disampaikan adalah:

  1. Petunjuk teknis pelaksanaan guru pembelajar
  2. Literasi TIK
  3. Pendekatan andragogi dalam guru pembelajar
  4. Kajian dan simulasi penggunaan modul guru pembelajar
  5. Pengembangan butir soal

Topik penunjang lainnya adalah

  1. Penyusunan RTL (rencana tindak lanjut)
  2. Tes awal dan tes akhir

Seluruh biaya penyelenggaraan kegiatan ini dibebankan pada anggaran DIPA LPPPTK KPTK Tahun Anggaran 2016.

 

Oleh:

Humas LPPPTK KPTK

Kepala LPMP Sulawesi Selatan memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi
Kepala LPMP Sulawesi Selatan memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi
Penyematan pin peserta pelatihan
Paparan narasumber mengenai teknis kegiatan pelatihan
Peserta pelatihan calon IN program guru pembelajar