Diklat Pengembangan Kompetensi Guru Sebagai Kepala Laboratorium dan Kepala Perpustakaan Sekolah

Kamis, 13 Juli 2017

Guru memiliki posisi strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pembinaan dan pengembangan karir merupakan hak bagi guru dan tenaga kependidikan, sebagaimana Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang secara eksplisit mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru secara berkelanjutan sebagai aktualisasi dari sebuah profesi pendidik. Oleh karena itu, sebagai salah satu institusi yang bertugas dalam pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan, LPPPTK KPTK Gowa melaksanakan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi guru dalam pengembangan karir sebagai kepala laboratorium atau kepala perpustakaan sekolah. Kegiatan Diklat Profesional ini telah berhasil dilaksanakan dengan mengikutkan 89 guru secara mandiri dari berbagai wilayah di Sulawesi Selatan, dimana dalam pelaksanaanya LPPPTK KPTK Gowa bekerja sama dengan Universitas Negeri Makassar dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.

Diklat yang berlangsung sejak Mei hingga Juli 2017 ini, menerapkan pola pelaksanaan in – on – inIn service training 1 (IN 1) dilaksanakan pada 11 s.d. 14 Mei 2017 di Hotel Mutiara Khadijah Sudiang, Makassar. Selanjutnya, peserta melaksanakan on the job learning (OJL) di sekolah masing-masing. Laporan OJL menjadi syarat wajib bagi peserta untuk mengikuti in service training 2 (IN 2) yang berlangsung pada 9 s.d. 10 Juli 2017 di tempat yang sama. Peserta yang kembali ikut di kegiatan IN 2 adalah sejumlah 78 guru.

Menurut Muhammad Hasri, M.Hum., Widyaiswara LPPPTK KPTK Gowa yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut, hasil diklat berdampak langsung dalam peningkatan kualitas pengelolaan laboratorium maupun perpustakaan sekolah melalui kegiatan OJL yang telah dilakukan. Hal ini karena peserta telah memahami konsep dan regulasinya (i.e. Permendiknas No 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Permendiknas No 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah), serta memiliki keterampilan dalam pengelolaan laboratorium atau perpustakaan sekolah. Keterbatasan sarana dan prasarana yang selama ini menjadi issue sekolah, tidak menghalangi kreativitas guru dalam mengelola laboratorium maupun perpustakaan sekolah.

Kepala LPPPTK KPTK Gowa, Dr. H. A. Rusdi, secara resmi menutup kegiatan Diklat Profesional Pengembangan Kompetensi Guru, pada 10 Juli 2017 di Hotel Mutiara Khadijah Sudiang Makassar. Dalam kesempatan tersebut, Kepala LPPPTK KPTK Gowa menyampaikan bahwa terlaksananya kegiatan ini, untuk memfasilitasi dalam peningkatan kompetensi guru melalui jenjang karir baik sebagai kepala laboratorium atau kepala perpustakaan sekolah. Selain itu, sebagai upaya mewujudkan pelayanan terbaik kepada peserta didik menuju peningkatan mutu pendidikan. Lebih lanjut, diharapkan terwujud kerjasama yang baik untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan program pembinaan karir guru melalui peningkatan kompetensi.

 

Oleh: Tim Humas dan Publikasi LPPPTK KPTK Gowa
Penulis: Andi Risda, S.Pd.
Reviewer: Singgih Afifa Putra, M.Si.