325 Pengawas Sekolah Se-Sulawesi Selatan dilatih Kurikulum 2013 di Kampus LPPPTK KPTK

Rabu, 29 Agustus 2018

Sebanyak 325 Pengawas Sekolah sedang dilatih tentang implementasi Kurikulum 2013 (kurtilas) di Kampus LPPPTK KPTK. Kepala LPPPTK KPTK Prof. Irwan membuka acara pelatihan kemarin (28 Agustus 2018) di Gedung Aula Paus Komplek Kampus LPPPTK KPTK Pattallassang, Gowa, Sulawesi Selatan.

325 Pengawas Sekolah tersebut terdiri atas 144 Pengawas SMA, 73 Pengawas SMK, 48 Pengawas SMP, 12 Pengawas SLB, dan 48 Pengawas SD yang berasal dari setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Sulwesi Selatan. Pelatihan dibagi kedalam 5 angkatan dimana setiap angkatan terdiri dari 2 (dua) kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 32 sampai 33 peserta. Peserta pelatihan akan memperoleh pembelajaran materi diklat sebanyak 52 Jam Pelajaran dan dilaksanakan secara berkesinambungan selama 6 (enam) hari.

Dalam pembukaanya Kepala LPPPTK KPTK menyampaikan tentang pentingnya penerapan pendidikan karakter dan HOTS (higher order thingking skills) atau kemampuan kognitif tingkat tinggi dalam praktik pembelajaran Kurikulum 2013. Dimana kita ketahui bahwa kemampuan kognitif dalam taksonomi pendidikan terdiri atas ranah analisis, evaluasi, dan mencipta, yang mana sangat berperan dalam kemampuan berfikir seseorang dalam pemecahan suatu masalah.

Beliau juga berharap bahwa jabatan fungsional pengawas sekolah jangan hanya dipandang sebelah mata, namun dapat menjadi teladan bagi semua guru yang berada di dalam lingkup kerjanya. “Guru adalah teladan bagi siswa, Pengawas Sekolah adalah teladan bagi guru” begitu disampaikan oleh Prof. Irwan yang juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar Periode 2008 – 2016.

Kegiatan pelatihan Kurikulum 2013 bagi pengawas sekolah ini akan berlangsung mulai Bulan Agustus s.d. September 2018.

 

HUMAS LPPPTK KPTK