Profil Lembaga [update]

Minggu, 23 September 2018

Sejarah Singkat:

Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPPPTK KPTK) merupakan UPT Diklat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bagi guru dan tenaga kependidikan. LPPPTK KPTK dibentuk khusus untuk melaksanakan kediklatan di bidang kemaritiman dan teknologi informasi/komunikasi. Berdiri sejak Tahun 2014, telah mengalami sekali pergantian pimpinan dimana Kepala LPPPTK KPTK saat ini adalah Prof. Dr. Irwan Akib, M.Pd (2018 s.d. sekarang).

Program proritas Kemendikbud yang saat ini dilaksanakan oleh LPPPTK KPTK antara lain adalah Program Keahlian Ganda, Program Penguatan Implementasi Kurikulum 2013, dan Program Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan. Saat ini LPPPTK KPTK tengah mengembangan kediklatan berbasis kompetensi untuk guru guru kejuruan bidang kemaritiman dan TIK.

LPPPTK KPTK adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang didirikan berdasarkan Permendikbud No. 70 Tahun 2014, kemudian diperbarui berdasarkan Permendikbud No. 18 Tahun 2015.

LPPPTK KPTK bertugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar dan menengah di bidang kelautan, perikanan, teknologi informasi dan komunikasi. Adapun fungsi LPPPTK KPTK adalah:

  1. Penyusunan program pengembangan & pemberdayaan
  2. Pengembangan model-model peningkatan kompetensi 
  3. Pengembangan sistem dan pengelolaan data dan informasi 
  4. Fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi
  5. Pelaksanaan kerja sama antar lembaga
  6. Evaluasi program dan fasilitasi
  7. Pelaksanaan urusan administrasi 

Visi:

"Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong"

Misi:

  1. Meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan (PTK) melalui PTK Pembelajar dengan moda tatap muka dan atau dalam Jejaring (Daring) penuh dan atau Kombinasi dalam bidang kelautan, perikanan, teknologi komunikasi dan informasi, dan pendidik lainnya;
  2. Membina karir guru dan tenaga kependidikan melalui penilaian kinerja dan penilaian kompetensi dalam bidang kelautan, perikanan, teknologi komunikasi dan informasi, dan pendidik lainnya;
  3. Meningkatkan pemerataan guru, pendidik lainnya, dan tenaga kependidikan melalui optimalisasi program afirmasi dalam bidang kelautan, perikanan, teknologi komunikasi dan informasi;
  4. Memberdayakan organisasi profesi guru, pemerintah daerah, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dan Lembaga Sertifikasi Profesi dalam rangka meningkatkan profesi guru dan tenaga kependidikan dalam bidang kelautan, perikanan, teknologi komunikasi dan informasi, dan pendidik lainnya;
  5. Meningkatkan mutu dan relevansi layanan diklat peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan (PTK) dalam bidang kelautan, perikanan, teknologi komunikasi dan informasi, dan pendidik lainnya;
  6. Meningkatkan sistem pengelolaan lembaga yang menjamin terselenggaranya layanan diklat yang prima dalam bidang kelautan, perikanan, teknologi komunikasi dan informasi;
  7. Meningkatkan pemerataan dan perluasan akses layanan diklat dalam bidang kelautan, perikanan, teknologi komunikasi dan informasi;
  8. Meningkatkan akses kerjasama dalam meningkatkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam skala nasional dan internasional dalam bidang kelautan, perikanan, teknologi komunikasi dan informasi.