Newsletter LPPPTK KPTK

Senin, 8 Oktober 2018

Newsletter LPPPTK KPTK merupakan buletin semi ilmiah berkala sebagai media komunikasi LPPPTK KPTK kepada para pemangku kepentingan yang berkaitan dengan segala aktivitas Lembaga baik internal maupun eksternal. Artikel / informasi yang disampaikan dalam media ini dapat berupa rencana program ataupun kegiatan instansi, kegiatan profesional jabatan fungsional tertentu (e.g. widyaiswara, pengembang teknologi pendidikan, arsiparis, pustakawan, laboran) maupun jabatan struktural di lingkungan LPPPTK KPTK. Informasi lain yang bersumber dari eksternal (e.g. tulisan guru/tenaga pendidik, saduran media lain) dimungkinkan dapat disampaikan di sini namun tetap melawati proses review dan edit dari Dewan Editor Newsletter LPPPTK KPTK.

Newsletter LPPPTK KPTK rencananya akan terbit berkala setiap bulan, dan Volume 1 Tahun 2018 ini diharapkan merupakan langkah awal yang baik untuk kemajuan publikasi dan penyampaian informasi di lingkungan LPPPTK KPTK.

 

Archive

Volume 1 No. 1, Edisi Sept 2018

Volume 1 No. 2, Edisi Okto 2018

Newsletter ini dapat diunduh di google drive pada tautan http://bit.ly/newsletterlp3tk 

 

Panduan Penulisan Artikel

Ruang lingkup

Artikel yang dimuat dalam Bulletin Newsletter LPPPTK KPTK ini bukan merupakan hasil penelitian, namun berupa review (hasil pemikiran/opini, ulasan program, ulasan buku/produk), short communication (ulasan yang lebih singkat/padat dan bersifat penting dan mendesak, serta menarik secara ilmiah), dan report (berita/informasi suatu agenda/kegiatan) yang berhubungan dengan bidang Pendidikan Kejuruan/Vokasi, Aspek Kemaritiman (kelautan dan perikanan), Aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta informasi lain terkait peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan.

Informasi untuk penulis

  1. Artikel diketik dengan memperhatikan kaidah Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang baku (disempurnakan).
  2. Artikel belum pernah dimuat/diterbitkan atau dalam proses penerbitan di media lain
  3. Hak Cipta publikasi artikel menjadi milik LPPPTK KPTK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Muatan Artikel

  1. Judul artikel terdiri atas maksimum 15 kata
  2. Informasi penulis terdiri atas nama penulis (lengkap tanpa gelar), nama instansi (disertai alamat),
  3. Artikel dapat mengandung sub judul jika diperlukan
  4. Jenis artikel review dan short communication harus menyertakan pustaka (APA style)
  5. Artikel berisi foto-foto dan kalimat keterangan
  6. Panjang artikel antara 450 - 1000 kata, termasuk judul, daftar pustaka, dan informasi penulis
  7. Naskah artikel diketik 1,5 spasi pada kertas A4 dengan huruf Arial berukuran 11, margin atas 2 cm, bawah 2 cm, kiri 2.5 cm, dan kanan 2 cm, tanpa gambar (keterangan gambar tetap dituliskan).

 Submisi artikel

  1. Artikel dikirimkan dalam format dokumen Microsoft Word (doc, docx) tanpa gambar (dikirim terpisah dengan naskah)
  2. Format gambar telah disatukan atau diedit sesuai dengan penyampaian (keterangan), dikirimkan dengan format JPEG atau PNG dengan resolusi yang baik untuk keperluan publikasi daring/cetak
  3. Artikel dan file pendukung nya dikirimkan ke alamat email humas@kptk.or.id dengan subjek “Newsletter_[nama penulis]”. 

Pernyataan privasi

Nama dan alamat email yang digunakan selama proses dalam bulletin ini digunakan secara khusus selama proses submisi dan penerbitan, tidak akan digunakan untuk keperluan lain.

 

Hak Cipta © HUMAS LPPPTK KPTK 2018