LPPPTK KPTK Tanda Tangani MoU dengan GWNU Korea Selatan

[Korea Selatan] – Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Kelautan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPPPTK KPTK) melakukan kerjasama dengan Gangneung Wonju National University (GWNU) Korea Selatan, yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Sabtu (9/3) di Gedung N10 Lantai 10 GWNU.

MOU ini merupakan rangkaian Program Pelatihan Guru ke Luar Negeri Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019. Kerjasama yang terjalin antara LPPPTK KPTK dan GWNU dikhususkan dengan Institute of Inter-Korea Seaweed Resources Exchange (Institusi Pertukaran Sumberdaya Rumput Laut Antar-Korea) dan Department of Computer Science and Engineering (Departemen Ilmu dan Teknik Komputer).

“Dua bidang ini sesuai dengan tugas utama lembaga kami, untuk melakukan pelatihan dan pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan bidang kemaritiman dan TIK,” tutur Kepala LPPPTK KPTK Prof Dr Irwan MPd yang didampingi Kasi Program dan Informasi Darwis Muin MM, saat memberikan sambutan pada penandatanganan MOU.
Lanjut Irwan, meskipun kerjasama yang disepakati pada dua bidang, tetapi guru yang mengikuti pelatihan di GWNU dikhususkan untuk bidang kemaritiman sebanyak 20 orang yang terdiri dari 4 orang (agribisnis perikanan air payau dan laut), 5 orang (agribisnis pengolahan hasil perikanan), 3 orang (nautika kapal penangkap ikan), 3 orang (teknika kapal penangkap ikan), 3 orang (nautika kapal niaga), dan 2 orang (teknika kapal niaga). Selama mengikuti pelatihan ini, para guru didampingi 3 Widyaiswara LPPPTK KPTK.

Sementara itu, Rektor GWNU Mr. Banm Seon-Seop mengungkapkan sangat mengapresiasi dan menyambut baik kerjasama tersebut. Pihaknya akan berusaha maksimal memberikan pelayanan terbaik dan menyiapkan para pengajar yang handal untuk kesuksesan pelatihan ini, sehingga program ini dapat terlaksana sesuai dengan apa yang diharapkan.

Sebagai informasi, MOU ini berlaku selama 3 tahun, mulai tanggal 9 Maret 2019 hingga Maret 2022. Selain kepala LPPPTK KPTK dan Kasi Proginfo, serta Rektor GWNU, turut hadir dalam acara ini antara lain Mr. Deok-Young Park (wakil rektor GWNU bidang akademik dan mahasiswa), Mr. Seong-Beom Choi (Dekan Perencanaan dan Kerjasama GWNU), Rhee-Beom Lee (Direktur Kerjasama Internasional GWNU), Hyung-Won Lee (Ketua Departemen Ilmu dan Teknologi Komputer GWNU), Hyung-Geun Kim (Direktur Institut Pertukaran Sumberdaya Rumput Laut Antar Korea GWNU), peserta pelatihan, pihak IKCs (Indonesia Korea Culture & Study), panitia pelatihan LPPPTK KTPK. *** (Al Azhar, Gangneung-Korea Selatan).

 

Galeri Foto