Indonesia, Negara Maritim yang Cantik

[Korea Selatan] – Indonesia merupakan negara maritim kepulauan yang indah dan cantik. Tidak hanya memiliki flora dan fauna yang beranekaragam, tetapi juga keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Demikian dikatakan Hyuk Soon Yoon, Marine Documentary Photographer Korea Selatan, saat memberikan materi pada Program Pelatihan Guru ke Luar Negeri di Marine Center Gangneung Wonju National University (GWNU) Korea Selatan, Senin (18/3).

Hyuk Soon Yook mengaku sangat terpesona dengan biodiversitas alam Indonesia, keberagaman etnik, keunikan lingkungan tropis, dan agama. Dirinya bersama tim sudah beberapa kali ke Indonesia untuk membuat film dokumenter tentang kondisi kekayaan alam dan budayanya.

“Daerah-daerah yang pernah kami kunjungi dan telah didokumentasikan antara lain seperti Lembeh (Sulawesi Utara), Wakatobi, Raja Ampat, Maluku, Bali, dan Gunung Bromo di Malang. Semua tempat ini sangat bagus. Pulau Lembeh terkenal sebagai lokasi penyelaman, Wakatobi dan Raja Ampat menyimpan keindahan bawah laut, Maluku dengan kearifan lokal yang disebut Sasi (pengelolaan laut berbasis adat),” jelasnya.

Hyuk Soon Yook berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk menjaga kelestarian lingkungan, sumberdaya alam, dan budayanya. Perlu penerapan kebijakan yang baik dan model pengelolaan yang tepat, sehingga kekayaan ini dapat terjaga dan berkelanjutan. “I love Indonesia. Kekayaan Indonesia ini harus dijaga dan dilindungi untuk generasi mendatang,” tuturnya.

Sementara itu, peserta Program Pelatihan Guru Luar Negeri Bambang Sulistio, S.ST.Pi, merasa bangga karena Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. “Setelah pemutaran film dokumenter beberapa daerah di Indonesia, pengetahuan saya tentang biota laut makin bertambah. Ternyata bawah laut Indonesia sangat indah,” ujarnya.

Guru Teknika Kapal Niaga SMKN 1 Glagah ini menambahkan Banyuwangi juga memiliki wisata bahari yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia yaitu Pulau Tabuhan, yang merupakan pulau kecil dengan area 6 Ha. Kelebihan pulau ini di antaranya pasir putih, pantai yang bersih, terumbu karang yang indah cocok untuk spot penyelaman, dan snorkeling. “Pulau ini terletak sekitar 20 Km ke arah utara dari Kota Banyuwangi. Tidak ada penduduk yang bermukim di pulau ini,” tutupnya. *** (Al Azhar, Gangneung-Korea Selatan).

 

Galeri Foto