Ubiquitous Computing: Digital Home

[Korea Selatan] - Ubiquitous berasal dari Bahasa latin yang dapat diartikan dimanapun. Ubiquitous Computing dapat diartikan sebagai proses komputasi yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Ubiquitous Environment menghubungkan komputer terdistribusi diberbagai lokasi terhubung ke jaringan yang menyediakan informasi dan layanan yang dibutuhkan oleh pengguna secara langsung tanpa batasan ruang dan waktu. Hal ini terwujud karena semua obyek, pengguna (manusia), dan perangkat pada Ubiquitous Environment terhubung ke berbagai jaringan. Pengguna dapat menggunakan berbagai perangkat untuk dapat terhubung ke berbagai jaringan tanpa perlu tahu komputer yang digunakan, sensor yang dilalui maupun jaringan yang akan dilewati.

Penerapan dalam bentuk Digital Home

Rumah digital yang yang berbasis home networking telah melalui tahap sosialisasi, layanan Digital Home mengintegrasikan suara, video dan data untuk mengaktifkan layanan jaringan di mana saja secara real time, serta juga menerapkan pengolahan data berbasis Biometric Information (informasi biometric) yang dapat menerima dan memproses informasi disebabkan oleh kesalahan manusia.

Bentuk Implementasi Digital Home

  1. Kamar mandi, Dokter keluarga dapat memberikan konsultasi chek up kesehatan secara virtual melalui. Kamar mandi akan memberikan mengalisa kotoran untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang berpotensi diderita. Misalnya Kadar gula, potensi kanker, asam urat dll.
  2. Garasi, Kamera pada garasi merupakan bagian dari aplikasi facial recognition yang terhubung dengan basis data kriminal pencurian mobil sehingga dapat memberikan tanda bahaya atau peringatan lainnya.
  3. Atap, Tenaga listrik melalui panel surya akan disimpan sebagai cadangan untuk listrik rumah dan mobil.
  4. Dapur, Permukaan meja didesain untuk dapat mengidentifikasi hidangan di meja tersebut, misalnya kopi dicangkir tetap dijaga kehangatannya dan es teh tetap dingin. Demikian pula lemari pendingin akan memberikan saran menu/resep masakan berdasarkan stok bahan makanan yang tersedia dan memberikan menu program diet berdasarkan saran dokter.

Informasi yang dihasilkan dari berbagai perangkat, sensor maupun aplikasi dari berbagai sumber diramu untuk memberikan layanan terhadap pengguna Digital Home. Siapkan anda hidup di rumah dengan fasilitas Digital Home?. (Imran, Seogang College - Korea Selatan).

 

Galeri Foto