WI dan PTP LPPPTK KPTK belajar Animasi 3D

Gowa, 25 Februari 2020

Widyaiswara (WI), Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) dan beberapa orang pegawai lingkup Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPPPTK KPTK) belajar pembuatan media pembelajaran berbasis animasi 3 dimensi di ruang pertemuan lantai 2 gedung TIK LPPPTK KPTK, pada tanggal 24 sampai 27 Februari 2020.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh kepala LPPPTK KPTK Prof Dr Irwan MPd ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai LPPPTK KPTK dalam membuat media pembelajaran yang lebih menarik berbasis animasi 3 dimensi. Untuk mengoptimalkan output yang akan dicapai, pada kegiatan ini menghadirkan narasumber dari pihak eksternal, seorang animator Dody Priyatmono dan dosen Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara di Jawa Timur Yohan Pribadi.

Materi yang dipelajari adalah konsep animasi sebagai media pembelajaran menarik, pengenalan dan pembiasaan perangkat lunak blender, basic modelling, texturing, animation, dan rendering. Salah seorang peserta pelatihan yang juga PTP Siera Maulida Asrin mengatakan Pengenalan dan Pembiasaan Blender berisi tentang prosedur instalasi aplikasi Blender dan pengenalan fitur dan antarmuka-nya. Basic Modelling berisi tentang tahapan awal pengenalan fitur utama dalam modelling seperti Edit Mode, Vertex, Edge, Face, dan Extrude.

Selanjutnya, texturing berisi tentang proses pengaplikasian warna dan material (texture) pada objek yang telah dimodelkan sebelumnya sehingga akan tampak suatu kesan yang nyata; animation berisi tentang materi pembuatan animasi untuk model; dan rendering merupakan proses untuk membentuk sebuah gambar dari sebuah model yang dibentuk oleh perangkat lunak animasi, model tersebut berisi data geometri, titik pandang, tekstur dan cahaya yang diperlukan untuk membuat gambar yang utuh,” paparnya.      

Sementara itu, Kepala LPPPTK KPTK Prof. Dr Irwan sangat mendukung kegiatan seperti ini karena sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga yang melatih para pendidik dan tenaga kependidikan khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. “Media pembelajaran animasi 3D sangat baik karena karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata,” ucapnya.***

 

Kontributor: Al Azhar (WI LPPPTK KPTK)