Pegawai LPPPTK KPTK dituntut laksanakan Tupoksi secara maksimal

Gowa, 27 Februari 2020

Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPPPTK KPTK) dituntut dapat melaksanakan tugas dan fungsi jabatan secara maksimal. Ini merupakan salah poin penting yang ingin dicapai pada workshop disiplin dan etika pegawai tahun anggaran 2020, di Hotel M Regency Makassar, pada Tanggal 27 s.d 29 Februari 2020.

“Ada tiga tujuan kegiatan ini yaitu agar peran ASN LPPPTK KPTK dalam melaksanakan tugas dan fungsinya lebih optimal, ASN dalam memberikan jasa/pelayanan kepada seluruh stakeholder lebih maksimal, dan ASN dapat menjaga martabat dan kehormatan sebagai ASN serta dalam rangka mendukung pembangunan zona integritas,” papar ketua panitia kegiatan Yopi Sopian ST MPd.

Kepala Seksi Peningkatan Kompetensi LPPPTK KPTK ini melaporkan kegiatan ini diikuti 50 orang peserta (pegawai LPPPTK KPTK), 5 orang panitia, dan 4 orang narasumber. Yopi Sopian berharap agar peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut, guna meningkatkan kedisiplinan dan menerapkan etika yang baik dalam bekerja.

Sementara itu, kepala LPPPTK KPTK Prof Dr Irwan MPd menambahkan persoalan disiplin pegawai sudah diatur dalam peraturan-peraturan kepegawaian yang wajib dilaksanakan ASN, misalnya jam kerja, pegawai masuk kantor Pukul 07.30 dan pulang Pukul 16.00. “Meskipun demikian, ketaatan seseorang dalam melaksanakan kembali ke diri sendiri,” tuturnya.

Kata Guru Besar pada Universitas Muhammadiyah ini, disiplin sangat berkontribusi pada keberhasilan seseorang dan instansi tempat bekerja. Sedangkan etika, terkait dengan hal baik dan buruk, bukan benar dan salah. Sebagai contoh seorang pegawai bisa melakukan hal yang benar tetapi belum tentu etis. Olehnya itu para ASN LPPPTK KPTK perlu memperhatikan dan melaksanakan disiplin dan etika pegawai secara optimal. ***

 

Kontributor : Al Azhar (WI LPPPTK KPTK)