Widyaiswara BPPMPV KPTK fasilitasi komite pembelajaran SMK Pusat Keunggulan 2021

Kontributor: Singgih Afifa Putra (Widyaiswara BPPMPV KPTK)

Diterbitkan 30 Juni 2021

 

Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian adalah dengan melaksanakan Program Sekolah Penggerak [1]. Salah satu agenda mendasar yang menjadi keluaran dari program tersebut adalah dengan terciptanya Pelajar yang berkarakter Pancasila [2].

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Pada pelaksanaannya terdapat beberapa intervensi yang dilakukan untuk menyukseskan program sekolah penggerak yaitu pendampingan konsultatif dan asimetris, penguatan sumberdaya manusia sekolah, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah [1].

Pada triwulan pertama Tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah meluncurkan program Merdeka Belajar ke-8: SMK Pusat Keunggulan untuk menjadi penggerak bagi sekolah lainnya agar meningkatkan kualitas dan kinerja sehingga mampu mencapai standar dunia kerja [3].

Pada level SMK program ini disampaikan melalui pendekatan Komite Pembelajaran SMK Pusat Keunggulan 2021. Widyaiswara BPPMPV KPTK dalam hal ini ditugaskan untuk dapat memfasilitasi pengembangan kurikulum paradigma baru (merdeka belajar) dan perangkat pembelajaran untuk dapat diimplementasikan mulai Tahun ajaran 2021-2022 mendatang. Kegiatan Bimtek dilaksanakan pada Tanggal 11 Juni - 06 Juli 2021. Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya pendampingan dan penguatan sumberdaya manusia sekolah penggerak. Bimtek ini dilaksanakan secara jarak jauh berbasis daring melalui sarana learning management system. 

 

Referensi:

[1] https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/

[2] https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/

[3] https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/smk-pusat-keunggulan-jadi-daya-dorong-penciptaan-lulusan-unggul-dan-kompeten

 

Galeri Foto