Lagi, Pelatihan Pembesaran Udang Vanname Menggunakan Media Bioflok

Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) kembali melaksanakan pelatihan Pembesaran Udang Vanname Menggunakan Media Bioflok secara online melalui zoom meeting dan google classroom (tanggal 1 s.d 12 Maret 2022) dan tatap muka di Kantor BPPMPV KPTK (tanggal 21 s.d 27 Maret 2022).

Kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kompetensi guru bidang perikanan, khususnya Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut (APAPL). Pelatihan ini mulai diselenggarakan tahun 2020 lalu, dilanjutkan tahun 2021 dan 2022. Tahun 2020, jumlah peserta yang diundang sebanyak 20 guru SMK, namun yang mengikuti pelatihan sampai akhir dan dinyatakan lulus sebanyak 19 orang.

Tahun 2021, jumlah guru yang diundang sebanyak 48 orang, tetapi yang berhasil menyelesaikan pelatihan sampai tuntas dan dinyatakan kompeten hanya 29 orang. Salah satu penyebabnya karena ketatnya aturan perjalanan menggunakan pesawat, sehingga menyulitkan para peserta menghadiri pelatihan secara tatap muka. Pelaksanaan pelatihan tahun 2022 ini menyasar 24 orang guru Agribisnis Perikanan.

Pelatihan ini memuat 120 Jam Pelajaran (JP). Materi umum 6 JP, materi pokok 112 JP, dan penunjang 2 JP. Materi pokok terdiri atas menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), menyiapkan wadah dan media pemeliharaan, mengaplikasikan biosekuriti, mengelola pakan alami pada media pemeliharaan, mengelola pakan buatan, menggunakan probiotik, menebar benih udang, mengelola air, mengelola kesehatan udang, melakukan monitoring pertumbuhan udang, serta melakukan panen dan pasca panen. 

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) akan dilaksanakan pada tanggal 26 s.d 27 Maret 2022, bertempat di kantor BPPMPV KPTK. UKK bekerjasama dengan LSP KP, direncanakan memilih skema klaster Pembesaran Udang Air Payau, dengan 4 unit kompetensi, yaitu menerapkan K3 di tempat kerja, menebar benih udang, mengelola pemberian pakan buatan, dan mengelola kesehatan udang.

Sebagai informasi, pelatihan ini dibuka secara resmi Kepala BPPMPV KPTK Dr Rusdi MPd. Pengajar pada pelatihan ini adalah Widyaiswara BPPMPV KPTK Syarifuddin SPi MSi dan Dosen Politeknik Pertanian Pangkep yang mempunyai pengalaman bersama industri Dr H Nursidi Latief MSi.

Catatan: Al Azhar (Widyaiswara BPPMPV KPTK)

 

Galeri Foto