Pengalaman Pertama Diklat: Awalnya Dikira Penipu

 

Elisabeth Motu yang disapa Ibu Elis, peserta Pelatihan Teknis Pembenihan Ikan Air Tawar (Nila) di BPPMPV KPTK mewakili teman-temannya untuk menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti pelatihan pada saat pelepasan magang di Aula Gedung TIK BPPMPV KPTK. Ibu Elis memulai cerita dengan mata berkaca-kaca dan akhirnya air matanya tidak tertahankan. Kesannya bahwa mereka tidak tahu menahu dari mana nomornya diperoleh oleh panitia dan dihubungi dua kali tidak tersambung. Dengan hati penasaran, maka dia menghubungi kembali nomor tersebut dan lagi-lagi juga tidak tersambung.

Satu hari kemudian, panitia pelatihan menghubungi lagi dan akhirnya dapat berbicara. Isi pembicaraannya itu, Ibu Elis diajak untuk mengikuti Diklat di BPPMPV KPTK yang bertempat di Gowa, Sulawesi Selatan. Ibu Elis lagi-lagi bingung nama dan tempat yang disebut itu belum pernah dia dengar sebelumnya dan komunikasi lewat telepon berakhir dengan janji panitia bahwa tunggu surat resmi dan akan dibuatkan grup whatsapp untuk peserta yang terpilih, sampai disini pembicaraan sementara seminggu menunggu menanti dan sangat penasaran janji tersebut tidak ada, sehingga Ia berkesimpulan bahwa ini penipu.

Sudahlah, toh juga tidak ada risiko, tetapi ternyata di minggu kedua betul sudah ada grup dan di grup itu tidak ada yang dia kenal satupun dan mulailah para anggota grup bicara tentang pelatihan tersebut yang membuat Ibu Elis penasaran, apakah itu akan terjadi? Dan dua hari kemudian menerima surat panggilan dan tambah ragu dan bingung bagaimana naik pesawat dan dari mana uangnya. Ternyata diskusi di grup bahwa itu ditanggung penyelenggara.

Persoalan berikutnya, yaitu apakah diizinkan kepala sekolahnya meninggalkan sekolah begitu lama, bagaimana dengan pembelajaran siswa dan keluarga yg ditinggalkan. Pada akhirnya, Ibu Elis memberanikan diri menghadap ke kepala sekolah dan menyerahkan surat tersebut. Ternyata kepala sekolah sudah paham proses itu, jadi tidak ada masalah tahapan berikutnya bagaimana bercerita ke keluarganya. Pada akhirnya, Ibu Elis berangkat dan tiba di tempat pelatihan dan Ia merasakan pelayanan dan materi pelatihan sangat luar biasa dan siap menginplementasikan materi-materi pelatihan yang diterimanya dari para narasumber yang hebat-hebat. “Terima kasih BPPMPV KPTK,” katanya.

Catatan: Rusdi (Kepala BPPMPV KPTK)